PRIBADI SRI SULTAN HAMENGKUBUWANA IX SEBAGAI SOSOK INPIRING BAGI BANGSA INDONESIA DAN NILAI-NILAI KE IPS AN TANG TERKADUNG DI DALAMNYA

Gunawan Sridiyatmiko

Abstract


Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menemukan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam sosok Sri Sultan Hamengkubuwana IX semasa hidupnya.Secara khusus bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam bagaimana biaografi kehidupan sosial Sri Sulktan Hamnegkubuwana IX, Nilai nilai Ke IPSan apa yang dapat diambil dari sosok Sri Sultan Hamengkubuwona. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan arsip dan dokumen yang diperoleh dari Perpustakaan Kraton Yogyakarta, Data Penelitian dikumpulkan dengan mencermati isi dokumen dan wawancara mendalam dengan tokoh tokoh kraton kasultanan Yogyakarta. Kaegiatan analisa data dengan model interaktif penarikan kesimpulan melalui tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu kerja, dan tiangulasi data. Penlitian menemukan bahwa tentang : 1 Mengkaji kiprah tokoh seperti Sultan Hamengku Buwana IX tidak terlepas dari kata “biografi”, berkaitan dengan riwayat hidup, pemikiran, aktivitas, dan sumbangan peran-peran nya dalam berbagai bidang kehidupan., 2. . konsep “tiga budi pekerti mulia” yang ditunjukkan oleh HB IX semasa hidupnya. “Tiga budi pekerti mulia” merupakan bagian dari panca laku, yang berasal dari kata panca yang berarti lima, dan laku berarti amalan, 2. keteladanan berupa sikap demokratis, keberanian, kebhinekaan, integritas dan kepemimpinan benar benar tetap terjaga dan dapat diresapi, serta dapat diteladani (inspiring) oleh generasi muda sekarang ini.

 

Kata Kunci: Sri Sultan, Inspiring, Nilai ke IPS


Full Text:

##PDF##

References


Bandura, A., (1971). Psychological Modeling: Conlicting Theories. Chicago: aldine-Athreton.

Banks, James A., (1985). Teaching Strategies for The Social Studies. New

York: Longman, Inc.

Barr, R., Barth, J. L. and Shermish, S. S., (1977). The natural of social studies

CA: ETC Publications.

Bell, Daniel, (1974). The Coming of the Post Industrial Society. London:

Heinmann.

Bogdan, R. C., and Taylor, J. Steven, (1975). Methods : A

Phenomenalogical approch The Social Sciens. New York; John Wesley.

Bogdan, R. C., and Biklen, S.K., (1992). Qualitative Reseach for Education.

Singapore: Allyn and Bacon.

Brown, G. A. and R. Edmondson, (1989). Asking Question. In Classroom teaching skills, ed. E. C. Wragg, 97-120. New York: Nichols.

Brown, L. M. and Tapan, M. B., ((1992). Hermeunitics and Developmental

Psychologiy: Tow ard and Ethic of interpretation.

Cresswell, John W., (2009). Reseach Design. Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dilthey, W., (1990). The Hermeneutics of Human Sciences. Dalam Vollmer,

KM. (ed.) (1990). The Hermeneutic Readers. Lexinton Aveneu, New York: The Continuum Publishing Company.

Dube, S.C., (1988) Modernization and Development: The Search for

Alternative Paradigms. Zed Books Ltd, London

Good, T. J., and J. Brophy, (2000). Looking in Classrooms. 8th ed. New York:

Longman.

Lincoln, Yvonna S. And Guba, Egon. G., (1985). Naturalistic Inquiry.

Beverly Hills: Sage Publ. Inc.

Magnis, Frans Suseno, (1981). Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang

Kebijaksanaan Hidup Jawa. Yogyakarta : Kanisius.

Milles, Matthew B., and Huberman, A. M., (1984). Qualitative Data

Analysis. Beverly Hills:Sage Publ, Inc.

National Council for the Social Studies NCSS.(1989a) . Charting A Course:

Social Studies For the 21St Century (A Reeport of The Curriculum Task Force of the national Commission on Social studies in the Schools. Washington, D.C, : NCSS

Puskur Balitbang Depdiknas, 2001).Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata

Pelajaran Ilmu Sosial Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas, Jakarta.

Sardiman, (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo persada.

Speilberg, Herbert, (1975). Doing Phenomenolog: Esseys On and In

Phenomenology. Washington: The Hague.

Strauss, Anselm and Corbin Juliet, (2003). Basics of Qualitative Reseach;

Grounded Theory Procedures and Techniques. Washington: The

Hague.

Sumardjan, Selo, (1981). Perubahan Sosial di Yogyakarta. Yogyakarta:

Gajahmada University Press.

Yin, R. K., (1987). Case Study Reseach : Desain and Mothods. Baverley

Hills, Ca.: Sage Publications.


Article Metrics

Abstract view : 24 times
##PDF## - 1571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.