Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Authors

  • Maharani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Ernawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v2i01.6536

Keywords:

pengaruh, kecerdasan emosional , perilaku sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku sosial siswa SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, karena subpopulasi pada setiap sekolah yang bersifat homogen yaitu pada kelas VIII sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas) dan pengujian hipotesis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi variabel kecerdasan emosional bernilai positif yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap perilaku sosial yaitu sebesar 0,880. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kecerdasan emosional dapat mempengaruhi perilaku sosial.

Kata kunci: pengaruh, kecerdasan emosional, perilaku sosial

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Maharani, & Ika Ernawati. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMP N 1 Lumbis Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Educational of Indonesian Journal , 2(01), 1–9. https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v2i01.6536

Citation Check