IMPROVING TEACHER COMPETENCE THROUGH IMPLEMENTING CLASS ACTION RESEARCH
Keywords:
Kompetensi Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Kualitas Pembelajaran.Abstract
Peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan strategis, terutama dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, serta mengembangkan keterampilan reflektif dan pedagogis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen seperti rencana pembelajaran dan portofolio guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan kompetensi guru profesional dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta kemampuan mereka untuk menganalisis dan merefleksikan praktik pengajaran. Selain itu, Penelitian Tindakan Kelas juga berdampak positif pada kualitas pembelajaran di kelas, dimana guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan interaktif. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, guru-guru menjadi lebih reflektif terhadap praktik pengajarannya, lebih terbuka terhadap umpan balik, dan lebih proaktif dalam mencari solusi untuk masalah pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak guru untuk mengadopsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan kompetensi profesional dan kualitas pendidikan.
References
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. (2005) Menjadi Guru Profesional . Bandung: Rosdakarya
Rochiati Wiriaatmadja. (2005) Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Soetjipto Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 niken dwi lestari niken dwi lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.