IMPROVING TEACHER COMPETENCE THROUGH IMPLEMENTING CLASS ACTION RESEARCH

Penulis

  • niken dwi lestari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditia Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

Kompetensi Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Kualitas Pembelajaran.

Abstrak

Peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan strategis, terutama dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, serta mengembangkan keterampilan reflektif dan pedagogis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen seperti rencana pembelajaran dan portofolio guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan kompetensi guru profesional dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta kemampuan mereka untuk menganalisis dan merefleksikan praktik pengajaran. Selain itu, Penelitian Tindakan Kelas juga berdampak positif pada kualitas pembelajaran di kelas, dimana guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan interaktif. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, guru-guru menjadi lebih reflektif terhadap praktik pengajarannya, lebih terbuka terhadap umpan balik, dan lebih proaktif dalam mencari solusi untuk masalah pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak guru untuk mengadopsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan kompetensi profesional dan kualitas pendidikan.

Referensi

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. E. (2005) Menjadi Guru Profesional . Bandung: Rosdakarya

Rochiati Wiriaatmadja. (2005) Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Soetjipto Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

2024-12-31