Penggunaan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas III SDIT Insan Utama Bantul
DOI:
https://doi.org/10.250121/jpgsdi.v11i1.6714Keywords:
kreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas III SDIT Insan Utama Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan menggunakan prosedur spiral dari kemmis dan Mc Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan sampel penelitian berjumlah 28 peserta didik kelas III. Penelitian ini pengumpulan data dengan observasi pembelajaran dan angket kreativitas peserta didik, analisis data menggunakan presentase ketuntasan.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada siklus 1 dengan presentase ketuntasan 71,4% dan pada siklus 2 dengan presentase ketuntasan 78,5% dengan hasil tersebut model project based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.
References
Zakiah Linda dan Lestari, I. 2019. Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor.Erzatama
Karya Abadi. Turgut,H. 2008. Prospective Sciene Teacher conceptualizations about project based learning. International journal of instruction.
Munandar Utami, (2002). Mengembahkan bakat dan kreativitass anak sekolah. Jakarta:GrameWidiarsana Indonesia.
Purnomo, S dan Yunahar, I. 2019 tutorial Berbasis proyek: K-media
Firosalia Kristin, Dkk. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ragita Dwi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.