ANALISIS POLA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS IV DI SD NEGERI DEMAKIJO 2

Authors

  • Arya Wira Agustian UPY
  • Ahmad Agung Yuwono Putro Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

pola belajar , siswa berprestasi, prestasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pola belajar siswa berprestasi kelas IV di SD Negeri Demakijo 2 dan bagaimana guru serta orang tua dari siswa berprestasi memfasilitasi pola belajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa berprestasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi dua arah dan memberikan soal latihan serta pengayaan untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa. Siswa berprestasi memiliki persiapan belajar sebelum pelajaran, mengikuti pelajaran dengan beberapa cara belajar yang efektif, memiliki jadwal dan catatan belajar yang bervariasi dan lengkap, serta selalu mengerjakan tugas dengan baik. Orang tua siswa berprestasi mendukung pola belajar anak-anak mereka melalui persiapan belajar, pengawasan tugas, komunikasi dengan guru, dan peran aktif saat anak-anak mereka mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Hasil penelitian ini memiliki dua implikasi yang penting, yaitu implikasi teoritis dan implikasi praktis. Implikasi teoritis berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan dalam memahami pola belajar yang efektif, sementara implikasi praktis berkaitan dengan manfaat langsung bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa hasil penelitian dapat membantu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri Demakijo 2.

References

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hadi, S. (2018). Pendidikan Indonesia: Kebijakan dan Permasalahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2019). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumintono, B., & Subekti, N. (2017). Assessing Student Learning in Indonesian Schools. Cham: Springer.

Suparman, E. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, W. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyadi. 2016. Psikologi Pendidikan: Pengantar dalam Konteks Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, A. (2018). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2023-06-30