A PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISWA SDN SIWALAN SEMARANG

Authors

  • Riza Fatkhur Rohman Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto
  • Ikhalistyarini
  • Yohanita Heni Kurnia

Keywords:

pemecahan masalah, soal cerita, bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang. Peneliti menggunakan jenis penelitian dekripstif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 28 orang di kelas IV SDN Siwalan dan diambil 2 siswa kategori rendang kemampuan pemecahan masalah, 2 siswa kategori sedang dan 2 siswa dengan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes. Teknik pengumpulan data yang berupa tes tertulis.Subjek dianalisis dengan menggunakan indikator pemecahan masalah dari Letser yaitu, mengenal masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi dan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang tergolong kurang. Sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang mempunyai kemampuan masalah yang tergolong cukup. Siswa yang memiliki kategori tinggi kemampuan masalah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong baik mampu memahami masalah, strategi perencannan, melaksanakan rencana dan dapat merefleksi serta mengevaluasi jawaban.

References

Agustina, Indah. 2019. “Pembelajaran Matematika Di SD.” Pendidikan Matematika I (December 2019): 17.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fisher, D., Frey, N., & Hattie, J. (2021). The Distance Learning Playbook, Grades K-12: Teaching for Engagement and Impact in Any Setting. Corwin

Harahap, E. R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(April), 44–54.

Hattie, J., & Donoghue, G. (2016). Learning strategies: A synthesis and conceptual model. Science of Learning, 1, 16013.

Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255–264.

Kemdikbud. (2020). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Suparno, P. (2021). Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Gramedia.

Trilling, B., & Fadel, C. (2019). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Downloads

Published

2024-12-31