The THE INFLUENCE OF PARENTING PATTERNS AND LEARNING DISCIPLINE ON PPKN LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS IV STUDENTS OF SEGUGUS 2 KASIHAN YOGYAKARTA

Penulis

  • Pandu Savanta Universitas PGRI Yogyakarta
  • Selly Tahmawati

Kata Kunci:

pola asuh orang tua, disiplin belajar, prestasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar PPKN siswa kelas IV SD segugus 2 Kasihan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survey. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 120 siswa dari 6 SD yaitu SDN 1 Kadipiro, SDN 2 Kadipiro, SDN 3 Kadipiro, SDN Sonosewu, SDN Rejodadi, dan SDN Nirmala. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket karena metode survey dengan teknik analisis data uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sehingga Ha1 diterima dan H01 ditolak dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar sehingga Ha2 diterima dan H02 ditolak dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,006 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar sehingga Ha3 diterima dan H03 ditolak nilai signifikasinya sebesar 0,001 < 0,05.

Referensi

Nafiah, Ulin dan Hani Adi Wijono. 2021. Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1(2): 155-174

Sumantri, Bambang. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi. Jurnal Media Prestasi. Vol 5(3):120-122

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaimin, Nurul Wasilah. Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Murid SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Makasar:UMM

Rohana, Titin. dkk. 2020. Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(2)

Hisby, Merdekawati dan E. Kosasih. 2020. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas V. Jurnal Metaedukasi. 2(2)

Kristin, Firosalia. dkk. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal Citizen Education. 4(1)

Faujiah. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN Moncobalang. Skripsi. Makasar: UMM

Wahyuni, Sri. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas X di Madrasah ALiyah. Skripsi. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Octaviani, Naprita Rizki. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi belajar PPKN Siswa Kelas V SD N Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Skripsi. Semarang: UNNES

Diterbitkan

2024-06-30