Pengembangan Media Corong Berhitung (COBER) Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika

Penulis

  • Erlin Zunia Anggraeni Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

Corong Berhitung, Minat Belajar, prestasi belajar, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) langkah pengembangan media pembelajaran Cober Kalian pada mata pelajaran Matematika, (2) kualitas produk pengembangan media pembelajaran Cober Kalian pada mata pelajaran Matematika, (3) efektifitas media Cober Kalian untuk meningkatkan minat belajar siswa, (4) efektifitas media Cober Kalian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan langkah pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 6 langkah, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Sampel utama yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 19 siswa kelas III. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket minat, tes prestasi belajar, dan angket respon siswa.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media COBER Kalian menggunakan metode Borg and Gall dengan mengeliminasi 10 langkah penelitian menjadi 6 langkah. (2) produk pengembangan COBER Kalian dinyatakan layak oleh ahli media dengan kriteria “Sangat Baik” dan memperoleh nilai A. Ahli Materi juga menyatakan media COBER Kalian “Sangat Baik” dan memperoleh nilai A sehingga dapat disimpulkan media COBER Kalian layak digunakan, (3) media COBER Kalian meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 8,172 > 1,734 dengan nilai sig 0,000 < 0,05, (4) media COBER Kalian meningkatkan prestasi belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 8,721 > 1,734 dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Referensi

Agustina, Laily. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Lampung: UIN

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta.

Irmawati. Dkk. 2023. Pengembangan Media Corong Berhitung Doraemon Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(3)

Jamilah, Siti. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Corong Hitung Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Cirebon: IAIN

Karina, Ulpa. Dkk. 2021. Pengembangan Media Corong dalam Pembelajaran Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1)

Noer, Pratiwi Rosita dan Prabowo Anggit. 2019. Pengembangan Media Corong Hitung Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Tentang Operasi Bilangan. Fundadikdas. 2(1)

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.

Winarti, Yupita. 2019. Pengaruh Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: IAIN

Diterbitkan

2025-01-24