Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar di SD Negeri Jumeneng Lor
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media pembelajaran, Proses pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar di SDN Jumeneng Lor, khususnya pada tiga kelas rendah. Melalui kegiatan observasi dan wawancara sebagai salah satu metode dan menggunakan jenis penelitian yaitu Kualitatif. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan peserta didik antusias dalam proses pembelajaran. Media yang paling disukai siswa yaitu media audiovisual. Maka dari itu, penggunaan media pembelajaran, menjadikan hasil belajar siswa akan meningkat, serta memudahkan siswa untuk memahami materi. Ditambah keterlibatan siswa secara aktif juga dapat ditunjang dengan pemilihan media pembelajaran yang akan berdampak pada motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan media pembelajaran pada proses belajar mengajar di SD Negeri Jumeneng Lor dari jumlah total siswa 153 anak, sekolah ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Dengan demikian, hubungan antara pendidik dan peserta didik serta adanya fasilitas pendukung pembelajaran, maka hasil belajar akan optimal.
Referensi
Ali, (1992). Pengembangan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 25-35.
Budiningsih, A. (2005). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 12-25.
Handaka, I. B., Saputra, W. N., Septikasari, Z., Muyana, S., Barida, M., Wahyudi, A., ... & Kurniawan, F. A. (2019). Increasing Guidance and Counseling Teacher Capacity in Disaster Preparedness through Psychosocial Training. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(1), 242-248.
H.B. Sutopo. 2002. Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Nana, S. (1990). Media pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Sadiman, Arief S., dkk. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Septikasari, Z., Atmoko, A., & Wilujeng, I. (2024). Analysis on Disaster Education Urgency of Improving Preparedness at Elementary Schools in Disaster Prone Areas. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(4), 315-324.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120-143.
Suprijono, A. (2009). Metode pembelajaran kooperatif: Sebuah alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Susilana, (2009). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Jakarta: CV. Wacana Prima.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hastin Suryaningsih, Zela Septikasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.