17. Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Perilaku Menyontek Peserta Didik Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Pati
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.2297Keywords:
Regulasi Diri dalam Belajar, Perilaku MenyontekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan perilaku menyontek peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Sasaran penelitian yaitu kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Pati. Populasi penelitian 228 peserta didik. Sampel yang diambil sebanyak 167 peserta didik. Pengumpulan data berupa skala regulasi diri dan skala perilaku menyontek. Hasil penelitian bahwa tinggi 43,7%, sangat tinggi 35,3%, sedang 19,2%, rendah 1,8%. Prosentase tingkat perilaku menyontek dari tertinggi sampai terendah yaitu, sedang 54,5%, tinggi 26,9%, rendah 15%, sangat rendah 3,6%. Hasil uji hipotesis terdapat nilai 18,274 maka maka t hitung > dari t tabel yaitu 18,274 > 0,05. Analisis korelasi Product Moment nilai signifikansi 0,000>0,05. Nilai koefisien korelasi hasil dengan taraf signifikansi 5% (0,5). Kesimpulannya bahwa ada hubungan negatif antar variabel regulasi diri dengan perilaku menyontek peserta didik kelas XII MIPA Di SMA Negeri 2 Pati.
Kata Kunci : regulasi diri dalam belajar, perilaku menyontek
References
Alfiana. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal ilmiah psikologi terapan. Vol. 1, No. 2, Hal. 245-259. (Diakses 29 Agustus 2021. Pukul 19.50).
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1581/1682
Andiwatir. Khakim. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahannya pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol. 11 No.2, Hal. 88-97. (Diakses 28 Juli 2021. Pukul 09:47).
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Ayupuspitasari, Rakhmawati, Lestari. (2020). Tingkat Regulasi Diri dalam Belajar Siswa SMK. Jurnal bimbingan dan konseling. Vol. 7, No. 2, Hal. 92-109. (Diakses 26 September 2021. Pukul 11.07)
http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/6649/bahasa
Cahyo, Solicha. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek pada Pelajar dan Mahasiswa Di Jakarta. Jp3i Vol. VI No. 1, Hal. 87–96. (Diakses 28 Juli 2021. Pukul 11.38).
https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/401
Dami, Parikaes. (2018). Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 No. 1, Hal. 82-95. (Diakses 29 Agustus 2021. Pukul 19.45).
https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/19/13
Kusaeri, Mulhamah. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 1, Hal. 31-42. (Diakses 10 Agustus 2021. Pukul 12.00). http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/download/20/pdf/
Musslifah. (2012). Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau dari Kecenderungan Locus of Control. Talenta Psikologi, Vol 1 No 2, Hal. 137-150. (Diakses 31 Juli 2021. Pukul 08.00). http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Nurmayasari, Murusdi. (2015). Hubungan Antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X Smk Koperasi Yogyakarta. Empathy, Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 3, No 1, Hal. 8-15. (Diakses 30 Juli 2021. Pukul 11.35).
http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/download/3009/1748
Ruzain, Hastuti, Putri. (2019). Hubungan Belajar Berdasar Regulasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa. Jurnal Islamika. Vol. 2, No. 2. Hal: 98-109. (Diakses 30 Juli 2021. Pukul 14:18).
http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6925/5647Siti
Shara. (2016). Hubungan Self-Efficacy dan Perilaku Menyontek (Cheating) pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 9, No. 1, Hal. 42–49. (Diakses 27 Juli 2021. Pukul 11.30). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 7, No. 1, Hal. 50-62. (Diakses 16 November 2021. Pukul 08:29).
https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2281
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










