PENERAPAN OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN SBDP DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3468Keywords:
Outdoor Study, Hasil Belajar, SBDPAbstract
Kurangnya pengenalan budaya daerah menjadikan banyaknya siswa yang kurang mengenali budaya daerah, termasuk ragam budaya di lingkungan tempat tinggal siswa. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa tentang karya seni rupa daerah pada muatan pelajaran SBdP hanya 7,4% siswa yang dapat memenuhi nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode outdoor study pada muatan SBdP di SD Negeri Nitikan Semanu Gunung kidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian yaitu di Dusun Nitikan, Semanu, Gunungkidul, dengan objek penelitian 27 siswa yang merupakan siswa kelas V SD Negeri Nitikan. Data penelitian diperoleh dari laporan hasil wawancara, foto kegiatan, hasil karya seni rupa daerah yang dibuat oleh anggota kelompok, dan hasil belajar siswa tentang karya seni rupa daerah. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode outdoor study. Siswa yang berhasil mencapai nilai KKM sebanyak 23 siswa atau 85,2% dari sebelum pemberian perlakuan. Keterampilan siswa dalam membuat karya seni rupa daerahpun meningka. Hal ini ditandai dengan hasil karya siswa yang dibuat secara berkelompok.
Â
References
Andini, N. F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi STKIP Ahlussunah Bukittinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 109–118.
Astari, S. H. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 3 Margadadi Jati Agung Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Lintang Lampung.
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675
Diana Puspa. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Tema 9, Edisi Revisi 2017. Pusat Kurikulum dan Perbukuan ,Balitbang, Kemendikbud.
Hidayati, N. (2014). Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Taman Mini Indonesia Indah, Skripsi S1 pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. UIN Syarif Hidayatullah.
Husamah. (2013). Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning). Prestasi Pustaka.
Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Scholaria, 7(1), 35 – 38. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38
Martini, E. (2013). Keefektifan Penerapan Metode Outdoor Study terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Menggambar Ilustrasi Kelas V SD Negeri 1 Cikawung Kabupaten Banyumas. Joyful Learning Journal, 2(2).
Mega, R., & Giyartini, R. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Pembentukan Kreativitas siswa dalam pembelajaran SBdP. Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Pembentukan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran SBdP, 5(4), 240249.
Novita Rochmah, D. da A. (2019). Keefektifan Outdoor Learning Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar SBdP Kelas I KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SBdP KELAS I. Joyful Learning Journal, 8(4). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Purwaningrat, K. W., Antara, P. A., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128–138.
Qulub, M. (n.d.). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn No.09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. 09, 1–13.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.
Syntia, F. (2020). Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 21Banyuurip Kabupaten Luwu Utara. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Vera, A. (2012). Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Study). Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










