8. Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Daring (Learning From Home) Dengan Love Of Learning Mahasiswa Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling

Authors

  • Siti Rahmadanti Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ade Chita Putri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4602

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring terhadap love of learning yaitu cinta terhadap belajar di masa pandemic Covid-19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa aktif semester 7 angkatan 2019 yang terdiri dari 5 kelas, program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel dari populasi penelitian berjumlah 137 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner melalui media Google-Form disebar secara online. Data yang terkumpul dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian diketahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring tergolong tinggi dengan 58,39% temuan mengenai love of learning mahasiswa terhadap pembelajaran daring 65,69%, masuk kategori tinggi. Berdasarkan penelitian ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa memiliki hasrat untuk belajar lebih cenderung mengalami emosi positif saat mempelajari informasi baru dalam kondisi apapun.

Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Love of Learning.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Siti Rahmadanti Siregar, & Ade Chita Putri Harahap. (2023). 8. Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Daring (Learning From Home) Dengan Love Of Learning Mahasiswa Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 230–238. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4602

Citation Check