8. Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Daring (Learning From Home) Dengan Love Of Learning Mahasiswa Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4602Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring terhadap love of learning yaitu cinta terhadap belajar di masa pandemic Covid-19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa aktif semester 7 angkatan 2019 yang terdiri dari 5 kelas, program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah sampel dari populasi penelitian berjumlah 137 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner melalui media Google-Form disebar secara online. Data yang terkumpul dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian diketahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring tergolong tinggi dengan 58,39% temuan mengenai love of learning mahasiswa terhadap pembelajaran daring 65,69%, masuk kategori tinggi. Berdasarkan penelitian ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa memiliki hasrat untuk belajar lebih cenderung mengalami emosi positif saat mempelajari informasi baru dalam kondisi apapun.
Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Love of Learning.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Rahmadanti Siregar, Ade Chita Putri Harahap
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.