20. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4690Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh bimbingan kelompok terhadap pengendalian diri siswa kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP N I Sedayu pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 217 siswa, diambil sampel sebanyak 64 Siswa dengan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian setelah data terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu mempersepsikan bimbingan kelompok dalam kategori baik (56,3%) dan sebagian besar siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu mempunyai tingkat pengendalian diri yang tinggi (54,7%). Bimbingan kelompok mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian diri siswa SMP N 1 Sedayu, sebesar 17,0% dengan nilai F = 12.695 dan signifikan 0,001 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok terhadap pengendalian siswa di sekolah.
Kata kunci : bimbingan kelompok, pengendalian diri siswa, siswa SMP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ika Ernawati, Arbiansyah Pramudya Ahzani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.