20. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP

Penulis

  • Ika Ernawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Arbiansyah Pramudya Ahzani universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4690

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh bimbingan kelompok terhadap pengendalian diri siswa kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP N I Sedayu pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 217 siswa, diambil sampel sebanyak 64 Siswa dengan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian setelah data terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu mempersepsikan bimbingan kelompok dalam kategori baik (56,3%) dan sebagian besar siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu mempunyai tingkat pengendalian diri yang tinggi (54,7%). Bimbingan kelompok mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian diri siswa SMP N 1 Sedayu, sebesar 17,0% dengan nilai F = 12.695 dan signifikan 0,001 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok terhadap pengendalian siswa di sekolah.

Kata kunci : bimbingan kelompok, pengendalian diri siswa, siswa SMP

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Ika Ernawati, & Arbiansyah Pramudya Ahzani. (2023). 20. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 349–357. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4690

Citation Check