Pengembangan Instrumen Evaluasi Perilaku Prososial Siswa di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4820Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen evaluasi perilaku prososial siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model R&D Borg&Gall yaitu pengumpulan informasi, uji coba pertama, uji coba kedua, uji coba ketiga, dan diseminasi. Subjek penelitian, siswa SMP Negeri se-Kabupaten Bantul yang diambil secara purposive sejumlah 131 siswa. Pengumpulan data melalui metode angket, interviu, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: 1) uji coba pertama nilai KMO-MSA 1 = 0,727, 2 = 0,666, koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 = 0,867, 2 = 0,774; 2) uji coba kedua, nilai KMO-MSA 1= 0,819, 2 = 0,700, koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 =0,822, 2 = 0,793; dan 3) uji coba ketiga, nilai KMO-MSA 1 = 0,793, 2 = 0,722, koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 = 0,826, 2 = 0,703. Kesimpulan penelitian bahwa instrumen evaluasi perilaku prososial valid dan reliabel.
Kata kunci: pengembangan, instrumen, prososial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Esti Setiawati, Ika Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.