Pengembangan Instrumen Evaluasi Perilaku Prososial Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Esti Setiawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Ernawati universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4820

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen evaluasi perilaku prososial siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model R&D Borg&Gall yaitu pengumpulan informasi, uji coba pertama, uji coba kedua, uji coba ketiga, dan diseminasi. Subjek penelitian, siswa SMP Negeri se-Kabupaten Bantul yang diambil secara purposive sejumlah 131 siswa. Pengumpulan data melalui metode angket, interviu, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: 1) uji coba pertama nilai KMO-MSA 1 = 0,727, 2 = 0,666,  koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 = 0,867, 2 = 0,774; 2) uji coba kedua, nilai KMO-MSA 1= 0,819, 2 = 0,700,  koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 =0,822, 2 = 0,793; dan 3) uji coba ketiga, nilai KMO-MSA 1 = 0,793, 2 = 0,722, koefisien 1 dan 2 ≥0,3, dan koefisien reliabilitas 1 = 0,826, 2 = 0,703. Kesimpulan penelitian bahwa instrumen evaluasi perilaku prososial valid dan reliabel.

Kata kunci: pengembangan, instrumen, prososial

Diterbitkan

2023-06-29

Cara Mengutip

Esti Setiawati, & Ika Ernawati. (2023). Pengembangan Instrumen Evaluasi Perilaku Prososial Siswa di Sekolah Menengah Pertama . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 708–721. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4820

Citation Check