Pengaruh Strategi STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, Insting) Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa

Penulis

  • Annisa Muharmina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nurmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5490

Abstrak

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Alquran siswa di Rumah Tahfiz Sirojul Mukhlasin Bandar Klippa. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui angket dan tes, dengan teknik cluster random sampling untuk memilih sampel. Pengujian normalitas dan homogenitas dilakukan menggunakan Liliefors, Fisher, dan Bartlett. Hasil menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menghafal Alquran (Fhitung = 4,35 > Ftabel 3,96). Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menghafal (Fhitung = 5,14 > Ftabel 3,96). Selain itu, ditemukan interaksi signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar (Fhitung = 104,36 > Ftabel 3,96). Kesimpulannya, kedua faktor tersebut memiliki kontribusi penting terhadap kemampuan menghafal Alquran siswa.

Keywords: strategi STIFIn, motivasi belajar, kemampuan menghafal

Diterbitkan

2023-11-26

Cara Mengutip

Annisa Muharmina, Nurmawati, & Salminawati. (2023). Pengaruh Strategi STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, Insting) Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 454–467. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5490

Citation Check