Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Sinemaedukasi Berbasis E-Book Untuk Mencegah Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Ah. Fahri Munir Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Adi Atmoko Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5665

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang meliputi pada unsur-unsur penundaan, dampak yang dapat ditimbulkan diantaranya kecemasan berlebih dan tingkat stress yang tinggi, dari dampak tersebut perlu adanya upaya pencegahan yang komprehensif. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk menyusun produk panduan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi berbasis e-book untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Hasil dari penilaian uji ahli dan calon pengguna menerapkan analisis data inter-rater agreement. Selanjutnya uji keefektifan produk dianalisis dengan menggunakan metode the wilcoxon signed-rank test. Berdasarkan validasi ahli materi, media dan calon pengguna serta uji efektifitas kepada siswa, dapat disimpulkan bahwa panduan berada pada validitas sangat tinggi menurut aspek keberterimaan. Sehingga dapat disimpulkan produk panduan bimbingan kelompok teknik sinemaedukasi berbasis e-book untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas layak untuk digunakan.

Kata kunci: sinemaedukasi, prokrastinasi akademik, siswa SMA.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Ah. Fahri Munir, Arbin Janu Setiyowati, & Adi Atmoko. (2024). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Sinemaedukasi Berbasis E-Book Untuk Mencegah Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 740–750. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5665

Citation Check

Most read articles by the same author(s)