Internalisasi Nilai Petatah Petitih Minangkabau pada Teknik Self Instruction dalam Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Prokrastinasi Penulisan Skripsi

Authors

  • Wadra Mony Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Diniy Hidayatur Rahman Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5524

Abstract

Diantara permasalahan yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir adalah terlambatnya wisuda yang diakibatkan oleh perilaku menunda pengerjaan skripsi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai petatah petitih Minangkabau dalam konseling kelompok cognitive behavior dengan menggunakan teknik self instruction untuk mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Selanjutnya data terkait dikumpulkan, dicatat, dan dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai petatah petitih Minangkabau berkaitan erat dengan prokrastinasi penulisan skripsi. Kesimpulannya yaitu teknik self instruction dengan nilai petatah petitih Minangkabau memiliki peranan penting dalam mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi agar mahasiswa bisa menyelesaikan skripsinya tepat waktu.

Kata Kunci: petatah petitih minangkabau, teknik self instruction, prokrastinasi

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Wadra Mony, Diniy Hidayatur Rahman, & Arbin Janu Setiyowati. (2023). Internalisasi Nilai Petatah Petitih Minangkabau pada Teknik Self Instruction dalam Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Prokrastinasi Penulisan Skripsi . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 497–505. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5524

Citation Check

Most read articles by the same author(s)