Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian Di SMP Negeri 5 Karanganyar

Penulis

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5745

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control untuk mengurangi perilaku siswa saat ujian. Metode penelitian ini merupakan jenis eksperimen dan menggunakan one group pre-test post-test design dengan populasi penelitian yaitu siswa siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Karanganyar. dan penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, angket (kuisioner), dan observasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan Analisis Paired Sampel t-Test. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaaan layanan konseling kelompok teknik self control dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis uji t (paired sample t-test) diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.029 > 2.0150 dan Sig. (2- tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil tersebut disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control untuk mengurangi perilaku menyontek siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Karanganyar.

Kata kunci : konseling kelompok, teknik self control, perilaku menyontek

Diterbitkan

2024-06-27

Cara Mengutip

Kusumawati, E. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian Di SMP Negeri 5 Karanganyar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1845–1856. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5745

Citation Check