Hubungan Self-Esteem Dengan Public Speaking Anxiety Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Salatiga

Authors

  • Jonathan Kent Setyanto Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Dewita Karema Sarajar Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan public speaking anxiety pada siswa SMA di Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif desain korelasional. Sampel penelitian yaitu 270 siswa SMA yang diambil dari 4 sekolah. Instrumen yang digunakan yaitu RSES (Rosenberg Self Esteem Scale) dengan reliabilitas sebesar 0.849 dan skala PRPSA (Personal Report of Public Speaking Anxiety) dengan hasil reliabilitas sebesar 0.956. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self esteem dan public speaking anxiety, yaitu r = -.0355 (p < 0.01). Artinya, semakin tinggi tingkat self esteem siswa, semakin rendah tingkat public speaking anxiety yang mereka alami, dan sebaliknya. Rata-rata partisipan dalam penelitian ini memiliki self esteem pada kategori sedang, yaitu sebanyak 108 siswa (40%) dan memiliki public speaking anxiety pada kategori sedang, yaitu sebanyak 118 siswa (42.96%). Siswa yang memiliki self esteem tinggi dapat mengurangi risiko tingginya public speaking anxiety, dan sebaliknya.

Kata kunci: self esteem, public speaking anxiety, siswa SMA

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Setyanto, J. K., & Sarajar, D. K. (2024). Hubungan Self-Esteem Dengan Public Speaking Anxiety Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Salatiga. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6153

Citation Check