Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Terhadap Akademik Mahasiswa Rantau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7568Abstract
Mahasiswa rantau yang mengerjakan skripsi menghadapi berbagai tantangan akademik dan emosional yang memengaruhi resiliensi mereka. Dukungan teman sebaya menjadi faktor penting dalam membantu mereka mengatasi tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan teman sebaya terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan 130 mahasiswa rantau dari berbagai daerah di Indonesia. Variabel dukungan teman sebaya diukur menggunakan alat ukur dari Syahruninnisa et al (2022) dengan reliabilitas 0.865, sedangkan resiliensi akademik diukur dengan instrumen dari Cassidy (2016) yang diterjemahkan oleh Rahmawati (2020) dengan reliabilitas 0.890. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif signifikan (p = 0,000, p < 0,05) dari dukungan teman sebaya terhadap resiliensi akademik dengan sumbangan efektif sebesar 31,2%. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu universitas menyediakan kegiatan yang mendukung kebutuhan sosial mahasiswa serta menjadi acuan bagi mahasiswa rantau dalam meningkatkan resiliensi akademik mereka.
Kata kunci: resiliensi akademik, dukungan teman sebaya, mahasiswa perantau
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Eden Anthonius Hadadi, Dewita Karema Sarajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.