Program Bimbingan Dan Konseling (BK) Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7254Abstract
Negara dapat dikatakan maju apabila memiliki tingkat Pendidikan yang tinggi. Meningkatkan motivasi belajar dapat memberikan dampak untuk Pendidikan tinggi. Oleh karena itu, tingkat motivasi siswa harus diperhatikan, sehingga dapat mencapai tujuan suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program Bimbingan Konseling (BK) dalam mengembangkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan yaitu tinjauan Pustaka Systematic Literature Review (SLR) model prisma dengan menggunakan digital library yaitu Google cendekia dan Crossref. Berdasarkan literature review dari 20 artikel ilmiah dapat disimpulkan bahwa Program bimbingan konseling yang dilakukan dengan memberikan layanan bimbingan secara kelompok dapat meningkatkan motivasi belajas siswa dengan persentase 30%, kemudian program layanan dengan metode bercerita memperoleh persentase 25%, layanan bimbingan teman sebaya memiliki persentase 20%, metode reinforcement memperoleh 15%, dan menggunakan metode jigsaw sebesar 10%. Dengan hasil tersebut MAN Jakarta Barat dapat memberikan layanan bimbingan konseling secara kelompok sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MAN Jakarta Barat.
Kata kunci: program bimbingan konseling, motivasi belajar, siswa madrasah aliyah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Kamila Soraya, Herdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.