Program Bimbingan Dan Konseling (BK) Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah: Systematic Literature Review

Authors

  • Kamila Soraya Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Herdi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7254

Abstract

Negara dapat dikatakan maju apabila memiliki tingkat Pendidikan yang tinggi. Meningkatkan motivasi belajar dapat memberikan dampak untuk Pendidikan tinggi. Oleh karena itu, tingkat motivasi siswa harus diperhatikan, sehingga dapat mencapai tujuan suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program Bimbingan Konseling (BK) dalam mengembangkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan yaitu tinjauan Pustaka Systematic Literature Review (SLR) model prisma dengan menggunakan digital library yaitu Google cendekia dan Crossref. Berdasarkan literature review dari 20 artikel ilmiah dapat disimpulkan bahwa Program bimbingan konseling yang dilakukan dengan memberikan layanan bimbingan secara kelompok dapat meningkatkan motivasi belajas siswa dengan persentase 30%, kemudian program layanan dengan metode bercerita memperoleh persentase 25%, layanan bimbingan teman sebaya memiliki persentase 20%, metode reinforcement memperoleh 15%, dan menggunakan metode jigsaw sebesar 10%. Dengan hasil tersebut MAN Jakarta Barat dapat memberikan layanan bimbingan konseling secara kelompok sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MAN Jakarta Barat.

Kata kunci: program bimbingan konseling, motivasi belajar, siswa madrasah aliyah

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Soraya, K., & Herdi. (2025). Program Bimbingan Dan Konseling (BK) Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah: Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1312–1327. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7254

Citation Check