Integrasi Analisis Kebutuhan dalam Program Bimbingan dan Konseling untuk Mendukung Pengembangan Kesejahteraan Siswa di Sekolah Kejuruan

Authors

  • Meidyana Mustikaningrum Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Herdi Universitas Negeri Jakarta, Ghana

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7368

Abstract

Kesejahteraan siswa merupakan salah satu aspek fundamental dalam pendidikan yang memengaruhi keberhasilan akademik, emosional, dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap layanan BK di SMKN 1 Setu guna merancang program berbasis data yang terintegrasi untuk meningkatkan kesejahteraan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 844 siswa melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket terstruktur yang mencakup empat bidang layanan. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan analisis faktor, sementara reliabilitasnya diuji menggunakan koefisien Cronbach's Alpha dengan nilai >0,80. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa 31,28% siswa memprioritaskan layanan pribadi, 30,45% layanan karir, 24,17% layanan belajar, dan 14,10% layanan sosial. Kontribusi penelitian ini adalah pendekatan berbasis data yang tidak hanya mengidentifikasi kebutuhan prioritas siswa tetapi juga mendukung pengembangan program BK yang lebih relevan dengan tantangan pendidikan modern. Rekomendasi praktis mencakup penguatan program kesejahteraan emosional, peningkatan keterampilan akademik, dan perencanaan karir berbasis kebutuhan siswa.

Kata Kunci: bimbingan konseling, analisis kebutuhan, kesejahteraan siswa, program bimbingan dan konseling

 

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Meidyana Mustikaningrum, & Herdi. (2025). Integrasi Analisis Kebutuhan dalam Program Bimbingan dan Konseling untuk Mendukung Pengembangan Kesejahteraan Siswa di Sekolah Kejuruan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1542–1556. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7368

Citation Check