Integrasi Analisis Kebutuhan dalam Program Bimbingan dan Konseling untuk Mendukung Pengembangan Kesejahteraan Siswa di Sekolah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7368Abstract
Kesejahteraan siswa merupakan salah satu aspek fundamental dalam pendidikan yang memengaruhi keberhasilan akademik, emosional, dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap layanan BK di SMKN 1 Setu guna merancang program berbasis data yang terintegrasi untuk meningkatkan kesejahteraan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 844 siswa melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket terstruktur yang mencakup empat bidang layanan. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan analisis faktor, sementara reliabilitasnya diuji menggunakan koefisien Cronbach's Alpha dengan nilai >0,80. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa 31,28% siswa memprioritaskan layanan pribadi, 30,45% layanan karir, 24,17% layanan belajar, dan 14,10% layanan sosial. Kontribusi penelitian ini adalah pendekatan berbasis data yang tidak hanya mengidentifikasi kebutuhan prioritas siswa tetapi juga mendukung pengembangan program BK yang lebih relevan dengan tantangan pendidikan modern. Rekomendasi praktis mencakup penguatan program kesejahteraan emosional, peningkatan keterampilan akademik, dan perencanaan karir berbasis kebutuhan siswa.
Kata Kunci: bimbingan konseling, analisis kebutuhan, kesejahteraan siswa, program bimbingan dan konseling
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Meidyana Mustikaningrum, Herdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.