Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Terhadap Akademik Mahasiswa Rantau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Penulis

  • Eden Anthonius Hadadi Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Dewita Karema Sarajar Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7568

Abstrak

Mahasiswa rantau yang mengerjakan skripsi menghadapi berbagai tantangan akademik dan emosional yang memengaruhi resiliensi mereka. Dukungan teman sebaya menjadi faktor penting dalam membantu mereka mengatasi tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan teman sebaya terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan 130 mahasiswa rantau dari berbagai daerah di Indonesia. Variabel dukungan teman sebaya diukur menggunakan alat ukur dari Syahruninnisa et al (2022) dengan reliabilitas 0.865, sedangkan resiliensi akademik diukur dengan instrumen dari Cassidy (2016) yang diterjemahkan oleh Rahmawati (2020) dengan reliabilitas 0.890. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif signifikan (p = 0,000, p < 0,05) dari dukungan teman sebaya terhadap resiliensi akademik dengan sumbangan efektif sebesar 31,2%. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu universitas menyediakan kegiatan yang mendukung kebutuhan sosial mahasiswa serta menjadi acuan bagi mahasiswa rantau dalam meningkatkan resiliensi akademik mereka.

Kata kunci: resiliensi akademik, dukungan teman sebaya, mahasiswa perantau

Diterbitkan

2025-03-14

Cara Mengutip

Hadadi, E. A., & Sarajar, D. K. (2025). Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Terhadap Akademik Mahasiswa Rantau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1684–1699. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7568

Citation Check