PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DALAM HAL JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS TIGA DAN LIMA DI SD N WONOSARI VI KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2177Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter jujur dan tanggung
jawab pada kelas tiga dan kelas lima di SD N Wonosari VI dalam Pendidikan Agama
Islam dengan metode cerita. Penelitian juga untuk mendiskripsikan peranan cerita sebagai
metode dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam itu efektif, sekaligus untuk mengetahui
sejauhmana perbedaan efektivitas metode cerita antara kelas tiga dan kelas lima dalam
mengembangkan karakter jujur dan tanggung jawab pada kelas tiga dan lima.
Pengembangan karakter jujur dan tanggung jawab di SDN Wonosari VI sudah berjalan
melalui beberapa kegiatan maupun terintegrasi dalam pembelajaran. Namun masih
banyak ditemukan penyimpangan sehingga muncullah penelitian ini. Dalam penelitian
yang dilakukan diperoleh beberapa data yang beragam. Terdapat peningkatan secara nilai
dalam pengembangan karakter jujur dan bertanggung jawab sedangkan secara statistik
angka tidak menunjukkan perubahan signifikan.
Kata kunci: Karakter Jujur dan Tanggung jawab, Metode Cerita, Pendidikaan Agama
Islam, Kelas Tiga dan Lima, SDN Wonosari VI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.