PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DALAM HAL JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS TIGA DAN LIMA DI SD N WONOSARI VI KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY

Penulis

  • Hidayatun Mahmudah Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2177

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter jujur dan tanggung
jawab pada kelas tiga dan kelas lima di SD N Wonosari VI dalam Pendidikan Agama
Islam dengan metode cerita. Penelitian juga untuk mendiskripsikan peranan cerita sebagai
metode dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam itu efektif, sekaligus untuk mengetahui
sejauhmana perbedaan efektivitas metode cerita antara kelas tiga dan kelas lima dalam
mengembangkan karakter jujur dan tanggung jawab pada kelas tiga dan lima.
Pengembangan karakter jujur dan tanggung jawab di SDN Wonosari VI sudah berjalan
melalui beberapa kegiatan maupun terintegrasi dalam pembelajaran. Namun masih
banyak ditemukan penyimpangan sehingga muncullah penelitian ini. Dalam penelitian
yang dilakukan diperoleh beberapa data yang beragam. Terdapat peningkatan secara nilai
dalam pengembangan karakter jujur dan bertanggung jawab sedangkan secara statistik
angka tidak menunjukkan perubahan signifikan.
Kata kunci: Karakter Jujur dan Tanggung jawab, Metode Cerita, Pendidikaan Agama
Islam, Kelas Tiga dan Lima, SDN Wonosari VI

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Mahmudah, H. (2021). PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DALAM HAL JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE BERCERITA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS TIGA DAN LIMA DI SD N WONOSARI VI KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 17–21. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2177

Citation Check