PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG BODY SHAMING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 SEMARANG

Authors

  • Latifa Vivi Widayanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4374

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual terhadap pemahaman body shaming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode True Experimental Design dengan model Pre-Test Post-Test Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII D dan 32 siswa kelas VIII E, diambil menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala body shaming. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil t hitung = 3,03 t = 2,04 signifikansi 5%= 3,03 > 2,04. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual terhadap pemahaman tentang body shaming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang” diterima pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman tentang body shaming.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Latifa Vivi Widayanti. (2022). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG BODY SHAMING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 SEMARANG . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 72–82. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4374

Citation Check