PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN TENTANG BODY SHAMING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4374Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual terhadap pemahaman body shaming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode True Experimental Design dengan model Pre-Test Post-Test Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII D dan 32 siswa kelas VIII E, diambil menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala body shaming. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil t hitung = 3,03 t = 2,04 signifikansi 5%= 3,03 > 2,04. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual terhadap pemahaman tentang body shaming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang” diterima pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan media audio visual berpengaruh terhadap pemahaman tentang body shaming.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.