Peranan Guru BK dalam Mengembangkan Self Esteem Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4556Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mengembangkan dan menginterpretasi self esteem siswa disekolah, baik self estem personal, social dan general. Metode penelitian dengan mixed method, yaitu data diungkapkan dengan kuantitaif dan akan didalami secara kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam (deep interview). Untuk populasi 6910 siswa dan diambil 10% sampel penelitian yang berjumlah 691 siswa kelas XII SLTA di provinsi Bengkulu.Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara mendalam dan dokumentasi dat. Analisa data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata untuk: pertama; self esteem personal 76,7%. Social self esteem 51,8%. General self esteem 86,8%. kedua; Pengembangan Self esteem oleh guru BK bertujuan untuk membentuk kreatifitas dan inovasi belajar siswa. Ketiga; Self esteem membantu pembentukan profil karakter siswa Pancasila.
Kata kunci: guru BK, self esteem, kurikulum merdeka belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Beni Azwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.