Peranan Guru BK dalam Mengembangkan Self Esteem Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar

Penulis

  • Beni Azwar Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4556

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mengembangkan dan menginterpretasi self esteem siswa disekolah, baik self estem personal, social dan general. Metode penelitian dengan mixed method,  yaitu data diungkapkan dengan kuantitaif dan akan didalami secara kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam (deep interview). Untuk populasi 6910 siswa dan diambil 10% sampel penelitian yang berjumlah 691 siswa kelas XII SLTA di provinsi Bengkulu.Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara mendalam dan dokumentasi dat.  Analisa data dengan cara  pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata untuk: pertama; self  esteem personal 76,7%. Social self esteem 51,8%. General self esteem 86,8%. kedua; Pengembangan Self esteem oleh guru BK bertujuan untuk membentuk kreatifitas dan inovasi belajar siswa. Ketiga; Self esteem membantu pembentukan profil karakter siswa Pancasila.

Kata kunci: guru BK, self esteem, kurikulum merdeka belajar  

Diterbitkan

2023-05-10

Cara Mengutip

Beni Azwar. (2023). Peranan Guru BK dalam Mengembangkan Self Esteem Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 450–466. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4556

Citation Check