Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Muhamad Andiyaman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ajeng Dianasari Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4713

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang menunjukan bahwa kelas X belum memiliki perencanaan karir untuk masa depan. Selain itu, pada saat layanan perencanaan individual dilakukan, hanya terdapat 1 siswa dalam satu kelas yang mengaku sudah memiliki perencanaan karir untuk masa depan, hal ini diperkuat dengan hasil AKPD yang menunjukkan bahwa bidang pribadi yang mencapai 44,04%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Accidental Sampling sebanyak 195 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perencanaan karir terhadap kepercayaan diri sebesar 44,7%, kemudian tingkat hubungan diantara kedua variabel tersebut berada dalam kategori kuat. Kesimpulan pada penelitian ini yakni adanya hubungan positif antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir.

Kata kunci: perencanaan karir, kepercayaan diri, siswa SMA

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Muhamad Andiyaman, Arri Handayani, & Ajeng Dianasari. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1197–1207. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4713

Citation Check