Peran Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Muhammadiyah Kedungbanteng I Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5074Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1, Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan sekolah (School Action Research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Alur penelitian tindakan ini menggunakan siklus yang digambarkan oleh Hopkins dan Mc Taggart berupa perencanaan-tindakan dan observasi-refleksi-umpan balik-hasil tindakan. Fokus penelitian adalah kinerja guru kelas di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia berupa pemberian kompensasi dan kesejahteraan, pemberdayaan, pengembangan kompetensi keprofesian dan jalur karir, serta pelaksanaan PKG sangat penting dan terbukti berhasil meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Sebanyak 83% guru memperoleh nilai PKG dengan kategori Amat Baik.
Kata kunci: manajemen, kepala sekolah, kinerja guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dwi Purwanto, Arif Budi Raharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.