Peran Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Muhammadiyah Kedungbanteng I Yogyakarta

Penulis

  • Dwi Purwanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Budi Raharjo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5074

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1, Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan sekolah (School Action Research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Alur penelitian tindakan ini menggunakan siklus yang digambarkan oleh Hopkins dan Mc Taggart berupa perencanaan-tindakan dan observasi-refleksi-umpan balik-hasil tindakan. Fokus penelitian adalah kinerja guru kelas di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia berupa pemberian kompensasi dan kesejahteraan, pemberdayaan, pengembangan kompetensi keprofesian dan jalur karir, serta pelaksanaan PKG sangat penting dan terbukti berhasil meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Sebanyak 83% guru memperoleh nilai PKG dengan kategori Amat Baik.

Kata kunci: manajemen, kepala sekolah, kinerja guru

 

Diterbitkan

2023-08-23

Cara Mengutip

Dwi Purwanto, & Arif Budi Raharjo. (2023). Peran Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Muhammadiyah Kedungbanteng I Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 752–763. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5074

Citation Check