Konstruksi Program Bimbingan Pribadi-Sosial Dalam Meningkatkan Empati Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5175

Abstract

Selama sepuluh tahun terakhir, penelitian mengenai pengembangan program bimbingan untuk meningkatkan empati masih terbatas dibandingkan dengan penelitian korelasi antara empati dan kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan merancang program bimbingan pribadi-sosial yang meningkatkan empati melalui analisis mendalam. Metode penelitian melibatkan tinjauan literatur sistematis. Data dianalisis dengan filter, analisis bibliometrik, kata kunci, sintesis, dan visualisasi menggunakan Vos Viewer. Temuan penelitian: 1) Asesmen empati menggunakan skala dengan empat indikator Eisenberg, 2) strategi bimbingan termasuk role playing, sosio drama, dan pelatihan empati, 3) strategi konseling mengusung pendekatan humanis dan experiential, 4) media seperti buku, film, lingkungan, dan photo voices digunakan. Simpulan, program bimbingan pribadi-sosial yang kembangkan empati berfokus pada melatih kognitif dan afektif siswa dalam berempati.

Kata kunci: bimbingan, empati, siswa, pribadi-sosial

Author Biographies

Yuke Naelatus, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling

Mamat Supriatna, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling

Yaya Sunarya, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Naelatus, Y., Supriatna, M., Sunarya, Y., & Fahriza, I. (2023). Konstruksi Program Bimbingan Pribadi-Sosial Dalam Meningkatkan Empati Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 468–483. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5175

Citation Check