Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6388Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran kepala madrasah di MIS Ainnurrahman dalam meningkatkan kinerja guru melalui pengambilan keputusan, komunikasi interpersonal, dan supervisi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah bagaimana kepala sekolah mengambil keputusan, membangun komunikasi yang efektif, dan melakukan supervisi yang memadai. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan kebijakan pengambilan keputusan yang tepat berdampak positif pada peningkatan kinerja guru di MIS Ainnurrahman. Komunikasi yang baik antara kepala sekolah dan guru terbukti sebagai strategi penting dalam mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan kinerja guru. Selain itu, supervisi yang dilakukan secara rutin menjadi sarana untuk mendiskusikan masalah-masalah pembelajaran yang terkait dengan peningkatan kinerja guru, sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara optimal dan menjadi tanggung jawab bersama.
Kata Kunci: kepemimpinan, kepala madrasah, kinerja guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Neliwati, Maulidah Hasnah Anas, Ade Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.