Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Di Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Maulidah Hasnah Anas Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Medan, Indonesia
  • Ade Lestari Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Tanjung Balai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6388

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang peran kepala madrasah di MIS Ainnurrahman dalam meningkatkan kinerja guru melalui pengambilan keputusan, komunikasi interpersonal, dan supervisi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah bagaimana kepala sekolah mengambil keputusan, membangun komunikasi yang efektif, dan melakukan supervisi yang memadai. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan kebijakan pengambilan keputusan yang tepat berdampak positif pada peningkatan kinerja guru di MIS Ainnurrahman. Komunikasi yang baik antara kepala sekolah dan guru terbukti sebagai strategi penting dalam mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan kinerja guru. Selain itu, supervisi yang dilakukan secara rutin menjadi sarana untuk mendiskusikan masalah-masalah pembelajaran yang terkait dengan peningkatan kinerja guru, sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara optimal dan menjadi tanggung jawab bersama.

Kata Kunci: kepemimpinan, kepala madrasah, kinerja guru

Diterbitkan

2024-07-29

Cara Mengutip

Neliwati, Maulidah Hasnah Anas, & Ade Lestari. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Di Madrasah Ibtidaiyah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 312–322. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6388

Citation Check