Keefektifan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior (REB) Berbasis Ayat Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Waktu Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6608Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efekktivitas konseling kelompok rational emotive behavior (REB) dengan teknik dispute Irrational Beliefs (DIBS) berbasis ayat Al Qur’an untuk meningkatkan kedisiplinan waktu siswa di SMAN3 Probolinggo. Perspektif perilaku emosional rasional (REB) dengan memperkuat ayat-ayat Alquran. Sasaran penelitian SMAN 3 Probolinggo class XI dengan delapan kelas paralel sejumlah 275 siswa. Desain penelitian adalah quasi-eksperimen, dengan kelompok eksperimen dan Kontrol disusun oleh peneliti mengacu pada teori kedisiplinan waktu Corey dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan konteks kedisiplinan waktu siswa perspektif REBT (empat pandangan Irrational Belief dari Elis): 1) Low Frustration Tolerance, 2) Catastrophising, 3) Demandingnes, dan 4) Self Depreciation. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kedisiplinan waktu. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan bahwa nilai sig. 0,043 dan hasil uji mann whitney adalah sig. 0.138. hasil analisis tersebut didapatkan teknik dispute Irrational Beliefs (DIBS) berbasis ayat Al Qur’an efektif untuk meningkatkan disiplin waktu siswa SMAN 3 Probolinggo.
Kata kunci: REBT, konseling kelompok, Al-Quran, kedisiplinan waktu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Saiful Hartoyo, M. Ramli, Diniy Hidayatur Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.