PENGARUH PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP EFEKTIFITAS PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS UMMAHAT ISHLAHUNNISA’ NGEBEL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.80Abstract
meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Majelis Ummahat Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta;
2) Mengetahui perbedaan peningkatan hafalan pada lansia antara kelompok intervensi
dengan kelompok kontrol; 3). Mengetahui pengaruh penerapan metode Mimicry
Memorization terhadap efektivitas peningkatan hafalan Al-Qur’an pada lansia di majelis
Ummahat Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan
metode Quasy ekperimen nonequivalent control group design. Jumlah sampel 36
responden diperoleh dengan teknik purvose sampling. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan distribusi frekuensi, uji Paired T-Test dan uji Independent T-Test. Hasil
penelitian: 1) Mimicry Memorization efektif digunakan responden yang mengalami
gangguan penglihatan, Mimicry Memorization dapat digunakan meskipun responden
sering mengalami lupa; 2) Terjadi peningkatan jumlah hafalan dari kelompok intervensi
maupun kelompok kontrol, kelompok intervensi Mimicry Memorization menunjukan
hasil yang signifikan; 3) Terdapat pengaruh penerapan metode Mimicry Memorization
terhadap efektifitas peningkatan hafalan Al-Qur’an pada lansia di Majelis Ummahat
Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta.
Kata kunci: mimicry memorization, lansia, peningkatan hafalan al-qur’an
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.