PENGARUH PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP EFEKTIFITAS PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS UMMAHAT ISHLAHUNNISA’ NGEBEL YOGYAKARTA

Penulis

  • Mardiana - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.80

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui dan memahami karakteristik santri lansia dalam
meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Majelis Ummahat Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta;
2) Mengetahui perbedaan peningkatan hafalan pada lansia antara kelompok intervensi
dengan kelompok kontrol; 3). Mengetahui pengaruh penerapan metode Mimicry
Memorization terhadap efektivitas peningkatan hafalan Al-Qur’an pada lansia di majelis
Ummahat Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan
metode Quasy ekperimen nonequivalent control group design. Jumlah sampel 36
responden diperoleh dengan teknik purvose sampling. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan distribusi frekuensi, uji Paired T-Test dan uji Independent T-Test. Hasil
penelitian: 1) Mimicry Memorization efektif digunakan responden yang mengalami
gangguan penglihatan, Mimicry Memorization dapat digunakan meskipun responden
sering mengalami lupa; 2) Terjadi peningkatan jumlah hafalan dari kelompok intervensi
maupun kelompok kontrol, kelompok intervensi Mimicry Memorization menunjukan
hasil yang signifikan; 3) Terdapat pengaruh penerapan metode Mimicry Memorization
terhadap efektifitas peningkatan hafalan Al-Qur’an pada lansia di Majelis Ummahat
Ishlahunnisa’ Ngebel Yogyakarta.
Kata kunci: mimicry memorization, lansia, peningkatan hafalan al-qur’an

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

-, M. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP EFEKTIFITAS PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA LANSIA DI MAJELIS UMMAHAT ISHLAHUNNISA’ NGEBEL YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.80

Citation Check