KETERKAITAN EVALUASI PELAKSANAAN LAYANAN ORIENTASI, INFORMASI DAN RASA PERCAYA DIRI

Penulis

  • Indiati Indiati Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Nofi Nur Yuhenita Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Astiwi Kurniati Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1181

Abstrak

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya guru pembimbing yang selalu memiliki tanggung jawab atas kinerjanya yaitu memandirikan siswa dalam perkembangan belajar, social, pribadi dan karir, sehingga mempunyai rasa percaya diri. Tanggung jawab guru pembimbing atas kinerjanya dapat dilihat dari hasil pelaksanaan program bimbingan dan konseling termasuk layanan orientasi dan informasi. Selain itu penelitian ini bertujuan mendukung bidang kajian penelitian Universitas Muhammadiyah Magelang, untuk meningkatkan kualitas hidup islami bagi remaja di wilayah Kota Magelang. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah diketahuinya keberhasilan pelaksanaan layanan orientasi dan informasi, dalam hubungannya dengan rasa percaya diri siswa, sehingga dapat ditindak lanjuti oleh guru pembimbing. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dan korelasi. Tahapan penelitian terdiri dari tahap persiapan, penyusunan rencana kegiatan, pelaksanaan penelitian dan penyajian hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh hasil pelaksanaan layanan orientasi dan informasi dan tersedianya instrument penilaian yang dapat digunakan oleh guru pembimbing.

Kata kunci: layanan orientasi, informasi, dan percaya diri

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Indiati, I., Yuhenita, N. N., & Kurniati, A. (2020). KETERKAITAN EVALUASI PELAKSANAAN LAYANAN ORIENTASI, INFORMASI DAN RASA PERCAYA DIRI. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 15–23. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1181

Citation Check