MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Tuna Netra)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.33Abstrak
berkebutuhan khusus penyandang tunanetra. Selain itu juga untuk mengetahui hambatan
dalam belajar mahasiswa berkebutuhan khusus pada mahasiswa penyandang tunanetra.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Minat belajar yang dimiliki oleh XY sangat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya
XY memiliki cita-cita untuk menjadi guru privat pada bidang musik sehingga minat XY
lebih pada bidang musik. (2) Motivasi belajar yang dimiliki oleh XY sangat baik ini
terlihat bagaimana XY mengikuti perkuliahan dengan baik, (3) Hambatan-hambatan
belajar XY yang dirasakan sebagai berikut; (1) ketika proses belajar dikelas situasi dan
kondisi kelas sangat ramai, (2) berinteraksi dengan dosen yang belum pernah menyapa
atau berbincang langsung dengan XY, (3) tempat-tempat yang belum pernah dilewati
disekitaran kampus kurang familier, (4) tugas-tugas kuliah.
Kata kunci: minat, motivasi, berkebutuhan khusus
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.