MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Tuna Netra)

Penulis

  • Eko Perianto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.33

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan motivasi belajar mahasiswa
berkebutuhan khusus penyandang tunanetra. Selain itu juga untuk mengetahui hambatan
dalam belajar mahasiswa berkebutuhan khusus pada mahasiswa penyandang tunanetra.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Minat belajar yang dimiliki oleh XY sangat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya
XY memiliki cita-cita untuk menjadi guru privat pada bidang musik sehingga minat XY
lebih pada bidang musik. (2) Motivasi belajar yang dimiliki oleh XY sangat baik ini
terlihat bagaimana XY mengikuti perkuliahan dengan baik, (3) Hambatan-hambatan
belajar XY yang dirasakan sebagai berikut; (1) ketika proses belajar dikelas situasi dan
kondisi kelas sangat ramai, (2) berinteraksi dengan dosen yang belum pernah menyapa
atau berbincang langsung dengan XY, (3) tempat-tempat yang belum pernah dilewati
disekitaran kampus kurang familier, (4) tugas-tugas kuliah.
Kata kunci: minat, motivasi, berkebutuhan khusus

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Perianto, E. (2019). MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Tuna Netra). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.33

Citation Check