Kecenderungan Academic Burnout Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis

  • Rahmi Rajfalni Amarsa Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rina Nurhudi Ramdhani
  • Agus Taufiq
  • Ipah Saripah

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4477

Abstrak

Berbagai tuntutan akademik seperti kurikulum, tugas, dan non akademik menjadi tekanan tersendiri bagi mahasiswa tak jarang mahasiswa mengalami stress ekstrim dan kecemasan berlebih yang mengarah pada academic burnout. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil academic burnout pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan berdasarkan aspek academic burnout (exhaustion, cynicism, professional efficacy), jenis kelamin, dan angkatan. Metode yang digunakan adalah descriptive cross-sectional study dengan Teknik survey dan menggunakan analisis deskriptif. Sampel mahasiswa sebanyak 105 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah Maslach Burnout Inventory – Student Survey (MBI-SS) yang terdiri dari 15 pernyataan. Hasil penelitian dan analisis data 73,3% (77 mahasiswa) cenderung mengalami academic burnout tingkat sedang. Berdasarkan aspek academic burnout mahasiswa BK UPI cenderung tinggi pada aspek exhaustion dan cynicism. Lalu cenderung rendah pada aspek professional efficacy. Keterbatasan dari penelitian ini diantaranya dalam pencarian responden dan persebaran data yang kurang merata.

Kata kunci: academic burnout, mahasiswa, mahasiswa BK UPI

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Rahmi Rajfalni Amarsa, Rina Nurhudi Ramdhani, Agus Taufiq, & Ipah Saripah. (2023). Kecenderungan Academic Burnout Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 395–405. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4477

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama