Bullying dan Peran Bimbingan Konseling di Lingkungan Sekolah SMP

Penulis

  • Faisal Akbar Manurung hagami Universitas Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Elida Hapni Universitas Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Novita Fitri Universitas Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Wahidah Fitriani Universitas Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4665

Abstrak

Penelitian untuk mengetahui perilaku bullying dan peran guru bimbingan konseling dilingkungan SMPN 6. Penelitian bersifat kualitatif untuk melihat realitas dilapangan terkait bullying dan peran guru bimbingan konseling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Analisis data diantaranya mengumpulkan data, mereduksi data, display data, selanjutnya dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi data kemudian diambil kesimpulan. Hasil analisis data dipereleh bentuk perilaku bullying berupa fisik, verbal dan mental. Perilaku ini berefek kepada sikap sosial peserta didik menarik diri dari temannya, merasa tidak percaya diri bahkan memilih tidak datang kesekolah. Faktor terjadinya bullying diantaranya pelaku melihat dan meniru yang terjadi dikeluarga, lingkungan masyarakat bahkan hasil adovsi dari internet. Dapat diambil kesimpulan yakni bentuk bullying dilingkungan SMP 6 berupa fisik, verbal dan mental. Ini acuan guru BK memberikan layanan sebagai preventif baik kepada korban, pelaku dan masyarakat dilingkungan SMP 6 serta kolaborasi pihak sekolah dengan wali murid agar sekolah bersih dari perilaku bullying.

Kata kunci: bullying, bimbingan konseling, sekolah

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

hagami, F. A. M., Elida Hapni, Novita Fitri, & Wahidah Fitriani. (2023). Bullying dan Peran Bimbingan Konseling di Lingkungan Sekolah SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 322–330. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4665

Citation Check