Bullying dan Peran Bimbingan Konseling di Lingkungan Sekolah SMP
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4665Abstrak
Penelitian untuk mengetahui perilaku bullying dan peran guru bimbingan konseling dilingkungan SMPN 6. Penelitian bersifat kualitatif untuk melihat realitas dilapangan terkait bullying dan peran guru bimbingan konseling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Analisis data diantaranya mengumpulkan data, mereduksi data, display data, selanjutnya dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi data kemudian diambil kesimpulan. Hasil analisis data dipereleh bentuk perilaku bullying berupa fisik, verbal dan mental. Perilaku ini berefek kepada sikap sosial peserta didik menarik diri dari temannya, merasa tidak percaya diri bahkan memilih tidak datang kesekolah. Faktor terjadinya bullying diantaranya pelaku melihat dan meniru yang terjadi dikeluarga, lingkungan masyarakat bahkan hasil adovsi dari internet. Dapat diambil kesimpulan yakni bentuk bullying dilingkungan SMP 6 berupa fisik, verbal dan mental. Ini acuan guru BK memberikan layanan sebagai preventif baik kepada korban, pelaku dan masyarakat dilingkungan SMP 6 serta kolaborasi pihak sekolah dengan wali murid agar sekolah bersih dari perilaku bullying.
Kata kunci: bullying, bimbingan konseling, sekolah
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Faisal Akbar Manurung hagami, Elida Hapni, Novita Fitri, Wahidah Fitriani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.