Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Online Terhadap Disiplin Belajar Siswa

Penulis

  • Anggraeni Putri Damayanti Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4754

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh intensitas penggunaan game online terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tengaran. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 144 orang siswa kelas XI IPS, sesuai jumlah populasi yaitu 144 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signfikansi 0,000 < 0,05 serta nilai t_hitung yang lebih besar t_tabel (-10,508 > 1,982). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif signifikan intensitas penggunaan game online terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tengaran.

Kata kunci: intensitas penggunaan game online, disiplin belajar, siswa SMA

Diterbitkan

2023-07-09

Cara Mengutip

Damayanti, A. P., Tagela, U., & Soesilo, T. D. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Online Terhadap Disiplin Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 100–108. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4754

Citation Check