Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Online Terhadap Disiplin Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4754Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh intensitas penggunaan game online terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tengaran. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 144 orang siswa kelas XI IPS, sesuai jumlah populasi yaitu 144 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signfikansi 0,000 < 0,05 serta nilai t_hitung yang lebih besar t_tabel (-10,508 > 1,982). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif signifikan intensitas penggunaan game online terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tengaran.
Kata kunci: intensitas penggunaan game online, disiplin belajar, siswa SMA
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anggraeni Putri Damayanti, Umbu Tagela, Tritjahjo Danny Soesilo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.