Karakteristik Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling

Penulis

  • Faiza Hanum Inggit Thalita Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Sapto Irawan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4755

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepribadian guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuntang, sebanyak 324 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 170 orang.  Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang diadaptasi berdasarkan Permendiknas RI Nomor 27 Tahun 2008 dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jawaban ‘sangat sesuai’ dan ‘sesuai’ oleh responden yang rata-rata berada di atas 80%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa karakteristik kepribadian guru bimbingan dan konseling yang dibutuhkan siswa sesuai dengan karakteristik kepribadian guru bimbingan dan konseling menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008.

Kata kunci: karakteristik kepribadian, guru bimbingan dan konseling, bimbingan dan konseling

Diterbitkan

2023-07-13

Cara Mengutip

Thalita, F. H. I., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2023). Karakteristik Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 132–144. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4755

Citation Check