Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Efikasi Diri Siswa SMK

Penulis

  • Eka Nur Hanifah Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4756

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan emosi terhadap efikasi diri siswa kelas X Jurusan Keperawatan di SMK PGRI 1 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sebanyak 30 orang siswa kelas XI Jurusan Keperawatan di SMK PGRI 1 Salatiga. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Keperawatan SMK PGRI 1 Salatiga sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan data dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan t hitung > t tabel (3,152 > 1.701). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap efikasi diri siswa kelas X Jurusan Keperawatan di SMK PGRI 1 Salatiga.

Kata kunci: kecerdasan emosi, efikasi diri, SMK

Diterbitkan

2023-07-05

Cara Mengutip

Hanifah, E. N., Tagela, U., & Soesilo, T. D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Efikasi Diri Siswa SMK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 38–47. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4756

Citation Check