Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana di SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Penulis

  • Heri Subagyo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Azam Syukur Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5000

Abstrak

Sarana prasarana merupakan hal penting dalam implementas MBS. Tujuan penelitian adalah untuk menggali implementasi manajemen sarana dan prasarana berbasis sekolah disekolah ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan tujuan menganalisis hasil temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan, kendala dan upaya mengatasinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis yang diawali dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sekolah memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas dengan pengelolaan sesuai MBS, sehingga dapat disimpulkan bahwa: implementasi MBS bidang sarana dan prasarana yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Minggir telah dilakukan dengan baik. Proses manajemen sarana dan prasarana meliputi (1) Perencanaan (2) Pengorganisasian (3) Pengadaan (4) Pengawasan dan pemeliharaan, sedangkan (5) kendala yang dihadapi dalam pengembangan sarana dan prasarana yaitu keterbatasan dana yang dimiliki sekolah, kurangnya sumber daya manusia, serta kurangnya kesadaran dalam pemeliharaan sarana prasarana yang dimiliki sekolah.

Kata kunci: implementasi, sarana prasarana, manajemen berbasis sekolah

Diterbitkan

2023-08-25

Cara Mengutip

Subagyo, H., & Azam Syukur Rahmatullah. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 798–812. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5000

Citation Check